Soil Treasure 2012

Soil Treasure 2012


     Himpunan Mahasiswa Keprofesian Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran melaksanakan serangkaian proses open recruitment untuk mendapatkan calon- calon anggota muda himatan yang ingin berkontribusi di Himatan. 


     Serangkaian acara ini dimulai dengan open recruitment di koridor Faperta dari tanggal 4 Juni sampai tanggal 20 Juni 2012. Para calon peserta Soil Treasure ini diharuskan mengisi formulir yang telah disediakan panitia dan mengembalikan formulir tersebut sesuai dengan waktu yang ditetapkan oleh panitia Soil Treasure. Kemudian diadakan Open House pada tanggal 22 Juni pukul 16:00 WIB yang bertempat di ruang kelas Ilmu Tanah untuk semua calon peserta Soil Treasure. Acara open house ini bertujuan untuk memperkenalkan Himatan itu sendiri, mulai dari departemen yang ada di Himatan, Keprofesian, dll.











   
  Rangkaian acara selanjutnya yaitu  Tes Tertulis Himatan yang diadakn pada tanggal 26 Juni 2012 di ruang kelas Ilmu Tanah Faperta Unpad. Tes Tertulis ini dibagi menjadi dua kloter agar tidak terjadi penumpukan peserta dan supaya tes tulis bisa lebih kondusif. Tes Tertulis Himatan ini terdiri dari beberapa soal yang mencakup tentang Keilmuan tentang Ilmu Tanah dan Keorganisasian.


 



      Setelah dilakukan Tes Tertulis Himatan, maka para calon peserta Soil Treasure ini akan melaksanakan Tes Wawancara Himatan yang diselenggarakan pada tanggal 27 Juni 2012 di ruang yang sama pada saat open house. Untuk Tes Wawancara Himatan itu sendiri dibagi menjadi sebelas kloter yang perkloternya terdapat kurang lebih 8 calon peserta Soil Treasure. Tes Wawancara Himatan ini berlangsung dari pukul 10:00 sampai 16:00 WIB. Melalui tes ini diharapkan panitia Soil Treasure akan dapat melihat potensi yang ada didalam diri para calon peserta soil treasure ini dengan mengajukan beberapa pertanyaan yang menyinggung soal isu- isu global tentang lahan di Indonesia, tentang keorganisasian, dan kepribadian.





     Pengumuman bagi 45 orang yang lolos seleksi tersebut diumumkan setelah serangkain acara tes tertulis dan tes wawancara selesai dan diumumkan lewat blog resmi himatan. Kemudian bagi 45 orang yang lolos tersebut diberikan pembekalan materi dan praktikum. Materi  dan praktikum yang diberikan yaitu tentang kesuburan tanah, mikrobiologi, dan evaluasi lahan. Acara pembekalan materi tersebut dilaksanakan dari tanggal 17 September sampai tanggal 6 Oktober 2012.

     1. Materi dan Praktikum Kesuburan Tanah
 
     Materi dan praktikum kesuburan tanah dilaksanakan di gedung Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Tutorial materi dan praktikum ini diberikan oleh Ibu Anni selaku dosen di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.
     Pada praktikum kesuburan tanah ini, para peserta Soil Treasure diajarkan tentang macam- macam media tanam seperti, kompos, tanah, sekam, sabut kelapa, dll. para peserta Soil Treasure melakukan penanaman tanaman pakchoy pada berbagai media tanam yang nantinya akan dilihat  perbedaan terhadap masing- masing perlakuan.
   
























     2. Materi dan Praktikum Mikrobiologi



     Materi praktikum mikrobiologi ini di berikan oleh Bapak Diyan selaku dosen yang mengajar mata kuliah Bioteknologi di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Materi tentang mikrobiologi ini meliputi pemanfaatan mikroba- mikroba yang berperan penting terhadap kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman. Pada praktikum mikrobiologi ini, para peserta Soil Treasure membantu penelitian dari kang Bondan jurusan Agroteknologi angkatan 2008 tentang mikoriza. Para peserta Soil Treasure memberikan inokulasi dari mikoriza yang sedang diteliti oleh kang Bondan.
Para peserta Soil Treasure ini menginokulasikan mikoriza pada tanaman jagung yang masing- masing diberikan perlakuan yang sama. Praktikum ini dibuat tiga ulangan termasuk perlakuan kontrol. Kemudian akan dilakukan pengamatan terhadap pertumbuhan jagung setelah beberapa minggu kemudian.


     3. Materi dan Praktikum Evaluasi Lahan

     Materi evaluasi lahan kali ini diberikan oleh Bapak Rija selaku dosen Kesuburan Tanah dan Nutrisi Tanaman di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Materi ini memberikan penjelasan tentang konsep- konsep evaluasi lahan dan prosedur- prosedur evaluasi lahan. Pada praktikum evaluasi lahan kali ini dilaksanakan di sekitaran kampus Universitas Padjadjaran. Pada praktikum ini para peserta Soil Treasure 2012 melakukan perjalanan ke pos- pos yang cukup jauh jaraknya. Para peserta melakukan perjalanan yang dimulai dari kampus Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Para peserta dibekali sebuah GPS untuk masing- masing kelompok yang nantinya akan digunakan oleh peserta untuk melakukan marking di pos- pos yang  mereka datangi sekaligus menentukan koordinat dan melakukan tracking. Pada pos- pos ini terdapat materi penjelasan yang berbeda disetiap posnya. Terdapat beberapa pos diantaranya, pos GPS, pos pedology, pos erosi, pos singkapan, pos Daerah Aliran Sungai (DAS), dan pos Ladang. Di setiap pos para peserta melakukan pengamatan sekaligus langsung terjun kelapangan untuk membuat suatu resume dan lembar tugas yang harus diisi oleh para peserta.









































Malam Puncak Soil Treasure 2012

     Sampailah acara Soil Treasure di acara puncak. Acara ini diselenggarakan di Bumi Perkemahan Kiara Payung pada tanggal 19 sampai 21 Oktober 2012. Serangkaian acara ini dibuat agar para peserta Soil Treasure dapat menerapkan segala sesutau yang mereka dapatkan pada saat materi dan praktikum. Para peserta yang dibimbing oleh panitia Soli Treasure melakukan perjalanan ke kaki gunung Manglayang untuk melakukan survei lahan. Survei lahan tersebut dimulai pada hari sabtu tanggal 20 Oktober jam 08:00 WIB sampai sekitar pukul 15:00 WIB.




      Di kaki Gunung Manglayang ini, para peserta Soil Treasure melakukan pemboran di beberapa titik diantaranya di wilayah agroforestry untuk melihat batas- batas horizon. Setelah didapatkan sampel tanah, para peserta diharuskan menilai beberapa karakteristik contoh tanah tersebut seperti mengukur warna tanah tersebut dengan menggunakan Soil Colour Munsell Chart, menilai kandungan bahan organik contoh tanah tersebut, menentukan tekstur dan menilai pH contoh tanah yang didapatkan. Selain itu, para peserta juga melihat kemiringan lereng dengan alat clinometer.
     Setelah selesai melakukan survei lahan di kaki gunung Manglayang, para peserta beristirahat sejenak sambil menyusun laporan dan membuat power point untuk melakukan presentasi didepan panitia. Presentasi dilakukan di malam hari setelah makan malam bertempat di pendopo pasanggrahan bumi perkemahan Kiara Payung. Dan pada malam harinya dilaksanakan acara penyematan anggota muda Himatan 2012 oleh panitia dan alumni.









     Dengan disahkannya peserta Soil Treasure sebagai anggota muda Himatan oleh ketua Himatan Ikrar Nusantara Putra maka berakhirlah serangkaian kegiatan Soil Treasure 2012 ini. Semoga kedepannya Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan bisa mendapatkan kader- kader yang memiliki pengetahuan dan loyalitas yang tinggi terhadap Himatan.

SOIL SOLID...!!

Photo slide Soil Treasure 2012


video




Posted by:

Afdiyat Walton
















0 komentar:

Follow Twitter Kami

Temui Kami di Facebook

Statistik