PENYULUHAN PEMBUATAN KOMPOS DAN LUBANG RESAPAN BIOPORI

Program Kerjasama Departemen Keprofesian Bidang Pengabdian Masyarakat HIMATAN UNPAD bersama SD Muhammadiyah 7, Bandung.

[Himatan, 19/03/2013] Pengabdian masyarakat merupakan satu dari bagian penting Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan dalam program kerja Departemen Keprofesian yang salah satunya mencanangkan program pengabdian masyarakat telah melakukan program kerjasama bersama masyarakat dalam hal pengelolahan lingkungan. Bentuk kerjasama tersebut dilaksanakan bersama-sama guru-guru SD Muhammadiyah 7 Bandung dengan mengambil tema “Pemanfaatan Sampah Organik untuk Pembuatan Kompos serta Pembuatan Lubang Resapan Biopori untuk Lingkungan yang Berkelanjutan”.


Pemberian materi Pembuatan Kompos oleh Kang Wino


Kegiatan tesebut dilaksanakan selama dua kali setiap hari sabtu, dimana minggu pertama tanggal 9 Maret 2013 dilaksanakan penyuluhan pemanfaatan sampah organik untuk pembuatan kompos dan pada tanggal 16 Maret 2013 dilaksanakan penyuluhan mengenai lubang resapan biopori. SD Muhammadiyah 7 sendiri memiliki program lingkungan sekolah yang asri serta nyaman bagi seluruh warganya dengan cara mengelolah sampah dan mengatasi masalah lingkungan seperti banjir. Kegiatan penyuluhan tersebut dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi pertama adalah sesi presentasi dan sesi kedua adalah sesi praktik. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh guru SD Muhammadiyah 7 Bandung.
Kegiatan minggu pertama yaitu penyuluhan mengenai pengelolahan sampah organik menjadi kompos dilaksanakan pukul 10.00 WIB di ruang aula SD Muhammadiyah 7 Bandung dan materi dipresentasikan oleh Kang Wino Adhyaksa bersama teman HIMATAN lainnya. Materi Pengolahan sampah organik tersebut bertujuan agar seluruh masyarakat sekolah mampu memanfaatkan sampah organik seperti dedaunan, ranting, rumput, sisa makanan menjadi produk yang lebih bermanfaat yaitu kompos yang berguna sebagai pupuk organik. Kegiatan selanjutnya yaitu praktik pembuatan kompos di green house milik SD Muhammadiyah 7. Praktik pembuatan kompos diikuti oleh seluruh guru sehingga guru-guru mengetahui cara pembuatan kompos dengan mengunakan dekomposer.

Pemberian materi dan praktikum Biopori

          Kegiatan minggu ke dua yaitu penyuluhan pembuatan lubang resapan biopori yang dilaksanakan pukul 10.00 WIB di ruang kelas SD Muhammadiyah 7. Penyuluhan lubang resapan biopori tersebut dipresentasikan oleh Kang Ikrar Nusantara Putra bersama teman HIMATAN lainnya. Materi lubang resapan biopori tersebut berisi penjelasan mengenai pengertian dari lubang resapan biopori, fungsi dan manfaat, kelebihan dan kekurangan serta cara membuat lubang resapan biopori. Pada presentasi tersebut ditampilkan pula video yang berisi pentingnya menjaga lingkungan dan kesehatan tanah dengan membuat lubang resapan biopori. Setelah materi kelas selanjutnya dilakukan praktik pembuatan lubang resapan biopori di areal sekolah. Seluruh guru ikut berpartisipasi dalam pembuatan lubang resapan biopori tersebut.
            Kerjasama ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga lingkungan serta kesehatan tanah. Dengan mengelolah sampah organik menjadi kompos serta pembuatan lubang resapan biopori diharapkan keberlanjutan lingkungan serta keasrian lingkungan menjadi terlaksana. Dampak positiv yang timbul adalah masyarakat mengetahui betapa pentingnya menjaga lingkungan serta masyarakat mampu menerapkan teknologi-teknologi sederhana yang mampu berkontribusi dalam keberlajutan lingkungan. Permasalahan lingkungan seperti banjir, kekeringan, efek rumah kaca, degradasi lahan dapat diminimalkan dengan teknologi sederhana ini. Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan berusaha menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dan berusaha mengaplikasikan kepada masyarakat, dengan harapan program pengabdian masyarakat ini menjadi program yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi seluruh elemen masyarakat .

  SOIL SOLID... VIVA SOIL SOLID FOREVER.....
_________
Redaksional by:
Ikrar N.P

          

0 komentar:

Follow Twitter Kami

Temui Kami di Facebook

Statistik