Seminar Nasional The Landformation 2013

Seminar Nasional The Landformation 2013
“Percepatan Pencapaian Ketahanan Pangan Melalui Revitalisasi Lahan Marginal”


Tingginya laju pertumbuhan penduduk di Indonesia yakni sebesar 1,49 persen per tahun (BPS, 2010) menyebabkan penambahan jumlah penduduk yang sangat banyak. Hal tersebut, tentu akan diikuti oleh kebutuhan pangan yang semakin meningkat. Sementara disisi lain, luas lahan untuk pertanian menjadi berkurang seiring dengan kegiatan konversi lahan pertanian menjadi area pemukiman, industri, dan lain sebagainya. Sehingga apabila kondisi tersebut terus berlangsung maka akan dapat mengancam sistem ketahanan pangan nasional.

Terdapat berbagai upaya yang dapat ditempuh guna menjaga agar kebutuhan pangan nasional tetap terpenuhi yang salah satunya dapat melalui kegiatan pemanfaatan lahan marginal yang selama ini belum dilaksanakan secara maksimal. Sebagai contoh lahan pertanian marginal yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan adalah lahan kering yang luasnya mencapai 75,1 juta hektar (Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanah dan Agroklimat, 2001). Oleh sebab itu, kegiatan pemanfaatan lahan marginal harus ditingkatkan terutama dengan masukan teknologi terbaru sehingga lahan pertanian menjadi lebih produktif.

 Berbekal semangat Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, Himpunan Mahasiswa Keprofesian Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran (Himatan Faperta Unpad) yang tergabung dalam Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (Fokushimiti), turut ikut serta dalam mengaktualisasikan semangat tersebut melalui kegiatan “SEMINAR NASIONAL THE LANDFORMATION 2013” dengan mengusung tema “Percepatan Pencapaian Ketahanan Pangan Melalui Revitalisasi Lahan Marginal”


Acara seminar nasional ini merupakan rangkaian awal dari acara The landformation 2013yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Keprofesian Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.  Seminar Nasional The Landformtaion 2013 mengundang delegasi dari Universitas- Universitas di seluruh Indonesia yang tergabung dalam Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (FOKUSHIMITI) diantaranya, Universitas Sumatera Utara Medan, Universitas Khairun Ternate, Universitas Tadulako Palu, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Universitas Lampung, dan Institut Pertanian Bogor.
 Acara seminar ini berlangsung pada tanggal 13 Desember 2013 bertempat di Bale Sawala Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran. Acara dimulai sekitar pukul 08:00 WIB. Acara di buka oleh tilawah dan sambutan- sambutan dari ketua pelaksana The Landformation 2013 Nita Arviyara Ritzkika, Ketua jurusan Imu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bapak Rahmat dan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran Bapak Prof. Dr. Benny Joy, Ir., MS. Acara di buka dengan penampilan tari rampak kendang dari Komunitas Seni Pertanian Universaitas Padjadaran.
Acara seminar nasional ini di bagi menjadi 2 sesi. Adapun pembicara- pembicara yang terdapat pada sesi satu yaitu, Bapak Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec. Dev yang menggantikan Bapak Ir. Udhoro Kasih Anggoro, MS. yang berhalangan hadir pada hari itu sebagai perwakilan dari Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. Dalam materinya, bapak Dadih mengusung judul “Tantangan Masa Depan Pertanian dan Ketahanan Pangan”. Pembicara selanjutnya yaitu Bapak Dr. Ir. Yusdar Hilman, MS (Peneliti Utama Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura). Beliau mengusung judul “Teknologi Inovatif Budidaya Sayuran Lahan Kering Berbasis Pengelolaan Hara Terpadu Menuju Pertanian Biru”. Kemudian pembicara terakhir pada sesi satu ada dari Guru Besar Universitas Padjadjaran Prof. Dr. H. Mahfud Arifin, Ir., M.S. (Ketua Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran. Beliau mengusung judul “Potensi Sumberdaya Tanah (Marginal) Di Indonesia dan Karakteristiknya Untuk Mewujudkan Ketahanan Pangan”. Acara di sesi satu ini di moderatori oleh Ibu Anne Nurbaity, Sp.., M.P., Ph.D. dari jurusan Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran.
Acara di lanjutkan ke sesi 2 setelah istirahat untuk sholat Jumat dan makan siang dan dibuka oleh penampilan teater dari SMAN 1 Majalaya. Adapaun pembicara- pembicara pada sesi 2 yaitu Bapak Prof. Dr. H.E. Hidayat Salim, Ir., MS. (Guru Besar Universitas Padjadjaran) yang mengusung judul “Pemanfaatan Pupuk Organik Padat Granul (POPG) Sebagai Salah Satu Langkah Peningkatan Produktivitas Lahan Marjinal”. Pembicara selanjutnya ada dari Balai Besar Litbang Sumber Daya Lahan Pertanian Bapak Dr. Ali jamil yang menggantikan Bapak Muhrizal Sarwani, Dr. Ir. yang berhalangan hadir. Beliau mengusung judul “Pemanfaatan Pupuk Hayati Untuk Peningkatan Produktivitas Lahan Sub Optimal”.  Pembicara terakhir yaitu Bapak Ir. Iwan Dhaniyarso, M. Agr. (General Manager Riset PT. Petrokimia Gresik) yang menyampaikan materi berjudul “Peranan Industri Pupuk Organik Dalam Mendukung Ketahanan Pangan”. Sesi 2 ini di moderatori oleh Ibu Dr. Emma Trinurani Sofyan, ST., MP. (Dosen Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran). Acara seminar nasional ini di tutup dengan pembagian doorprize kepada peserta yang beruntung dan penampilan dari band Oregon. 
Acara Seminar Nasional The Landformation 2013 ini tidak akan terlaksana tanpa adanya bantuan dari pihak- pihak yang membantu. Acara ini di dukung oleh Universitas Padjadjaran, Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) Komda Jabar, dan Himpunan Mahasiswa Keprofesian Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, serta di sponsori oleh Diretorat Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, PT. Petrokimia Gresik, Badan Pertanahan Nasional (BPN), PT. Petrosida Gresik, yayasan Al Ma’soem, Wahana Organik Mandiri, Unilever, Sidomuncul, dll. Tidak lupa acara ini juga memiliki bekerja sama dengan media partner diantaranya Anak Unpad, Swa Radio, Loopies Radio, Genera, Infojatinangor, Jatinangor on the sky, Galamedia, Seputar Kampus, Galura, dan Infobdg. 









 posted by:
Afdiyat Walton


0 komentar:

Follow Twitter Kami

Temui Kami di Facebook

Statistik