LOKAKARYA : Pengembangan Model Pemanfaatan Ruang Untuk Pertanian Partisipatif Berbasis Sumberdaya Lokal

Pengembangan Model Pemanfaatan Ruang Untuk Pertanian Partisipatif Berbasis Sumberdaya Lokal


     Wilayah perbatasan sangat membutuhkan perhatian yang lebih dari Pemerintah Pusat agar pembangunannya tidak jauh tertinggal dari daerah- daerah yang berpusat didekat Ibu Kota. Lokakarya ini diadakan oleh BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) dalam rangka kerjasama dengan Universitas Padjadjaran untuk membuat rencana pembangunan khusunya pembangunan pertanian di wilayah perbatasan.
     Acara ini diselenggarakan pada hari Jum'at 7 Desember 2012 dan bertempat di Hotel Puri Khatulistiwa Jatinangor. Acara dihadiri oleh staff pengajar dan mahasiswa Universitas Padjadjaran. Acara dimulai sekitar pukul 08:00 WIB. Acara ini dibagi kedalam 2 sesi yang diselingi oleh coffe break dan ishoma.

     Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor III (Bidang PPM dan Kerjasama Unpad) Bapak Dr. dr. Med Setiawan. Dalam pidatonya, beliau menjelaskan tentang peranan perguruan tinggi dalam percepatan pembangunan di kawasan perbatasan. Kemudian dilanjutkaan dengan coffe break. Setelah coffe break acara  panel sesi 1 dimulai yang dipimpin oleh Bapak Dr. Ir. Edy Suryadi, MT sebagai moderator. Materi yang disampaikan pada panel sesi 1 diantaranya "Perspektif Perencanaan Penataan ruang Perbatasan Darat Indonesia-Malaysia di Kalimantan Barat" yang disampaikan oleh Ibu Dr. Retno Dwi Suryaningsih selaku konsultan perencanaan wilayah. Kemudian dilanjutkan dengan materi "Potensi Sumberdaya Pertanian Dalam Mendukung Pengembangan kawasan Perbatasan" yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Rija Sudirja, MT selaku staff pengajar di Fakultas Pertanian Unpad. Dan materi yang terakhir dalam sesi panel 1 yaitu "Aspek- Aspek Hukum Dalam Pemanfaatan Ruang dan Penatagunaan Tanah Untuk Pertanian Partisipatif di Kawasan Perbatasan" yang disampaikan oleh Ibu Dr. Nia Kurniati, SH, MH dari Fakultas Hukum Universitas Padajadjaran. 
    Kemudian acara diistirahatkan sejenak untuk menunaikan ibadah shalat Jum'at dan makan siang sekitar pukul 11:15 - 13:00 WIB. Lalu dilanjutkan dengan panel sesi 2 dengan materi " Pengembangan Potensi Peternakan Sesuai Kearifan Lokal di Kawasan Perbatasan" yang disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Sauland Sinaga, M.Si selaku staff pengajar di Fakultas Peternakan Unpad. selanjutnya ada materi "Implementasi Model Pertanian Berbasis Kearifan Lokal di Kawasan Perbatasan" yang disampaikan oleh Ibu Dr. Ir. Reginawati, MT selaku staff pengajar di Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Dilanjutkan dengan pembacaan kesimpulan dari hasil Lokakarya ini
     Dengan berakhirnya panel sesi 2 dan pembacaan kesimpulan ini, maka berakhirlah acara Lokakarya ini. Semoga kerjasama ini mampu membangun dan mengembangkan daerah- daerah yang berada di wilayah perbatasan. Dan semoga ini semua dapat membangkitkan rasa nasionalisme kita semua.



Posted By:

Afdiyat Walton

0 komentar:

Follow Twitter Kami

Temui Kami di Facebook

Statistik