KERJASAMA HIMATAN UNPAD DAN PT CARAKA GEO INFORMATIKA

KERJASAMA HIMATAN UNPAD DAN PT CARAKA GEO INFORMATIKA
Dalam Ceramah Ilmiah yang Berjudul How Maps Can Change The World


[Himatan, 17/06/2013] Ceramah ilmiah merupakan salah satu program kerja yang wajib dilaksanakan oleh himpunan kemahasiswaan di Fakultas Pertanian. Tujuannya adalah untuk meningkatkan keilmuan mahasiswa diluar perkuliahan. Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan dalam program kerja Departemen Pengembangan Keprofesian telah melaksanakan ceramah ilmiah berkat kerjasama dengan perusahaan yang bergerak dibidang pemetaan dan teknologi informatika, yakni PT Caraka Geo Informatika dan dengan empat fakultas yang ada di Universitas Padjadjaran, diantaranya adalah Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, serta Fakultas Teknologi Industri Pertanian. Bentuk kerjasama ini merupakan hal baru dalam pelaksanaan ceramah ilmiah yang dilakukan oleh Himpunan Keprofesian Mahasiswa Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan. Judul yang diangkat dalam ceramah ilmiah kali ini adalah “How Maps Can Change The World”.



              
            Kegiatan ceramah ilmiah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 3 Juni 2013 di Gedung Student Center Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran. Ceramah ilmiah dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama yaitu penjelasan materi utama mengenai “How Maps Can Change The World”, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan aplikasi pemetaan di berbagai bidang ilmu seperti di bidang pertanian, geologi, perikanan, dan kelautan oleh narasumber yang merupakan dosen ahli dari berbagai fakultas. Penjelasan terakhir mengenai aplikasi pemetaan dilakukan oleh praktisi konsultan dari PT Caraka Geo Informatika. Kegiatan dimulai pada pukul 08.30 WIB dengan peserta yang berasal dari empat fakultas (Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian) serta para tamu undangan. Pada akhir acara diumumkan pembagian doorprize Pelatihan ArcGIS Desktop 10 senilai Rp 2.000.000,- untuk dua orang peserta yang beruntung. Dua peserta yang beruntung tersebut adalah Eri Yanwari Hikmawan dari Fakultas Pertanian dan Fauzia Ramdhani Syaefullah dari Fakultas Teknologi Industri Pertanian.


            Kerjasama antara Himatan Unpad dengan PT Caraka Geo Informatika ini bertujuan untuk meningkatkan keilmuan mahasiswa khususnya di bidang survey dan pemetaan mengingat kurangnya tenaga ahli di Indonesia yang menguasai teknologi informasi pemetaan. Harapan kedepannya setelah mengikuti kegiatan ceramah ilmiah ini semoga wawasan mahasiswa menjadi lebih terbuka karena lapangan pekerjaan di bidang pemetaan memiliki prospek yang cerah, baik di Indonesia maupun di luar negeri. 





Redaksional by:

Agnia Nabila

0 komentar:

Follow Twitter Kami

Temui Kami di Facebook

Statistik