SOIL REAL DEDICATION

SOIL REAL DEDICATION
DEDIKASI NYATA DARI HIMATAN UNTUK MASYARAKAT
Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan,
Fakultas Pertanian, Universitas Padjadjaran


Pengabdian masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma perguruan tinggi selain pendidikan dan penelitian. Seiring dengan program kerja departemen keprofesian yaitu Soil Real Dedication, untuk ketiga kalinya dalam kepengurusan tahun ini keprofesian HIMATAN mampu kembali mengabdikan dengan dedikasi yang nyata kepada masyarakat dalam menjawab permasalahan lingkungan dan memberikan solusi terbaik dalam memecahkan masalah lingkungan. Dedikasi nyata ini tertuang dalam bentuk kerjasama dengan masyarakat Komunitas Budha Dharma Indonesia wilayah Bandung. Kerjasama yang dilakukan berupa penyuluhan dan praktik dalam penerapan teknologi sederhana Lubang Resapan Biopori.



Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 8 Juni 2013 di perumahan Taman Holis Indah, Bandung dan dihadiri oleh masyarakat komunitas tersebut. Antusiasme masyarakat terhadap kepedulian lingkungan tertuang dalam program mereka yaitu Gerakan Peduli Sekitar Kita. Program tersebut bersinergi dengan program HIMATAN yang mengedepankan perbaikan lingkungan dengan penerapan teknologi sederhana seperti Lubang resapan biopori dan pemanfaatan sampah organik perkotaan untuk pembuatan kompos. Pengabdian tersebut diawali dengan pemaparan mengenai dasar tujuan organisasi HIMATAN dan penyuluhan Lubang Resapan Biopori.

Kegiatan selanjutnya adalah kegiatan praktik pembuatan lubang resapan biopori di areal perumahan. Semangat yang diperlihatkan masyarkat serta kepeduliannya terhadap perbaikan lingkungan membuat kegiatan ini berjalan sukses. Dampak positif yang timbul adalah masyarakat mengetahui betapa pentingnya menjaga lingkungan serta masyarakat mampu menerapkan teknologi–teknologi sederhana yang mampu berkontribusi dalam keberlajutan lingkungan. Permasalahan lingkungan seperti banjir, kekeringan, efek rumah kaca, degradasi lahan dapat diminimalkan dengan teknologi sederhana ini.


Menurut ketua komunitas Budha Dharma Indonesia Bandung mengungkapkan, “Manusia tidak akan selamat selama hidup tidak bersinergi dengan lingkungan, oleh karena itu marilah kita jaga lingkungan kita sebaik mungkin, karena manusia tidak akan pernah lepas tergantung terhadap lingkungan”. Kegiatan ini merupakan bentuk kerjasama yang berkelanjutan dari kedua pihak dalam mendukung program pengabdian kepada masyarakat HIMATAN dan Gerakan Peduli Sekita kita yang dicanangkan komunitas Budha Dharma Indonesia. Himpunan Keprofesian Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumber Daya Lahan Universitas Padjadjaran berusaha menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah dan berusaha mengaplikasikan kepada masyarakat, dengan harapan program pengabdian masyarakat ini menjadi program yang berkesinambungan dan bermanfaat bagi seluruh elemen masyarakat.

SOIL SOLID!!!


Redaksional by:

Ikrar N.P

0 komentar:

Follow Twitter Kami

Temui Kami di Facebook

Statistik